Site blog
Panduan Singkat Penggunaan TSM LMS bagi Mahasiswa
-
Log In dan Log Out dari TSM LMS
-
Menemukan Kelas Kuliah Anda
-
Dashboard
-
Layout Kelas Kuliah
-
Tips Mengirimkan Hasil Pekerjaan Anda (Tugas)
-
Melihat Nilai
Halaman ini memberikan pengenalan singkat tentang penggunaan TSM LMS, sebuah Learning Management System (LMS) di Trisakti School of Management yang digunakan untuk menyampaikan konten kuliah dan menyelenggarakan aktivitas pembelajaran online.
Log In dan Log Out dari TSM LMS
- Di browser web Anda, buka URL Address: lms.tsm.ac.id
- Pada menu utama klik "LOG IN DENGAN MS 365 TSM"
- Tombol berada pada sebelah menu utama di kanan atas layar. Apabila menggunakan Smartphone, Anda bisa klik tombol menu kemudian gulirkan ke bawah untuk menemukannya.
- Setelah tampilan diarahkan ke halaman Login Akun Microsoft, pilih atau gunakan akun email yang biasa Anda gunakan untuk masuk ke Microsoft 365 TSM.
- Akun Microsoft 365, bisa Anda temukan di SIMATris Portal Mahasiswa pada menu "Akun Lainnya" > "Office 365"
- Pilih menu Akun Anda yang muncul di pojok kanan paling atas, kemudian klik pada akun Anda tersebut > maka Anda akan menemukan tombol Log Out untuk keluar dari akun Mahasiswa TSM Anda.
Catatan : Pastikan untuk menutup browser Anda setelah Anda keluar, terutama jika Anda menggunakan komputer publik atau komputer yang digunakan bersama dengan pengguna lain. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada orang lain yang dapat mengakses akun TSM LMS Anda.
Temukan Kelas Kuliah Anda
Setelah Anda masuk, lihat di baki Navigasi atau di menu utama > Kemudian klik Course.
Dashboard
Dari baki Navigasi atau menu utama > pilih Dasboard untuk membuka beranda pribadi untuk semua kelas kuliah Anda. Pilih judul kelas kuliah apa saja untuk membuka kelas kuliah. Halaman ini juga memungkinkan Anda dengan cepat menavigasi ke tugas baru.
Anda dapat menyesuaikan (customize) Dasboard Anda dan menambahkan blok-blok tambahan, misalnya seperti Kalender, untuk membantu Anda tetap teratur dalam jadwal dan perencanaan.
Untuk bisa mengubah tampilan Dashboard, Anda sebelumnya harus Klik tombol "Customize this Page" (kanan atas) untuk menambah atau menyembunyikan blok di Dasboard Anda.
Layout Kelas Kuliah
Pada kolom tengah, Anda bisa melihat posting dosen Anda terkait informasi tentang kuliah, dan mungkin menyediakan link ke sumber daya dan kegiatan seperti tugas kelas kuliah tersebut yang harus Anda akan lakukan di TSM LMS. Konten menu utama ini dapat diatur berdasarkan minggu atau topik. Bergantung pada cara dosen Anda menyiapkan kelas kuliahnya.
Tips Mengirimkan Hasil Pekerjaan Anda (Tugas)
- Menyerahkan tugas tepat waktu. Memungkinkan bagi dosen untuk menutup tugas pada tenggat waktu. Konsultasikan silabus (RPS) kuliah untuk kebijakan dosen Anda jika Anda mengirimkan tugas terlambat.
- Cari layar konfirmasi untuk memastikan tugas Anda terkirim. (Ini mungkin terlihat berbeda tergantung pada jenis tugas.)
- Ketahui format file mana yang akan diterima instruktur Anda (.pdf dan .doc mungkin biasanya lebih disukai).
Melihat Nilai
Dari menu Pengguna (User), Anda dapat mengakses nilai setelah aktivitas dinilai dan dirilis oleh dosen tersebut ke mahasiswa. Klik nama Kelas kuliah yang ingin Anda lihat nilainya.
Beberapa aktivitas, seperti Tugas, juga mungkin menampilkan nilai yang dirilis di halaman aktivitas.
Tentang TSM Learning Management System
TSM Learning Management System (LMS) adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk merencanakan, melaksanakan dan menilai proses pembelajaran di TSM. LMS ini digunakan untuk praktik eLearning dalam bentuknya yang umum yang dioperasikan oleh Dosen, Mahasiswa, dan Administrator.
Sistem manajemen pembelajaran dalam TSM LMS ini menyediakan cara bagi instruktur untuk membuat dan menyampaikan konten, memantau partisipasi mahasiswa, dan menilai kinerja mahasiswa. Sistem manajemen pembelajaran juga dapat memberi mahasiswa kemampuan untuk menggunakan fitur interaktif seperti diskusi berulir, video meeting, dan forum diskusi.
Sistem TSM LMS ini dapat meningkatkan metode pendidikan tradisional dan efektif dengan memungkinkan instruktur dan administrator untuk secara efisien mengelola elemen seperti pendaftaran pengguna, konten, kalender, akses pengguna, komunikasi, sertifikasi, dan pemberitahuan.
Sistem TSM LMS ini memenuhi standar Shareable Content Object Reference Model (SCORM) sebagai standarisasi Learning Management System dan bermanfaat sebagai media Knowledge Management System (KMS). KMS merupakan sistem untuk mengelola pengumpulan, pengorganisasian, pembagian dan analisis pengetahuan organisasi dalam hal sumber daya, dokumen dan keterampilan penggunanya.
TSM LMS juga dapat digunakan untuk memberikan pengalaman belajar campuran (blended learning) kepada siswa. Blended learning menggabungkan pengajaran tradisional di kelas dengan alat pembelajaran online. Metode ini lebih efektif dibanding pendidikan tatap muka tradisional karena memperkaya pengalaman berbasis kelas dengan konten digital tambahan yang dapat disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan belajar khusus mahasiswa serta persiapan memasuki dunia kerja di era Revolusi Industri 4.0.
Beberapa fitur umum dalam TSM LMS antara lain:
- Microsoft 365 Integration. TSM LMS ini memungkinkan pengguna menggunakan akun Microsoft 365 yang telah sebelumnya digunakan di TSM. Mulaidari akun login, MS One Drive sebagai tempat penyimpanan file, MS Teams sebagai sarana aplikasi pembelajaran interaktif yang terintegrasi, dan aplikasi-aplikasi lainnya.
- Responsive design. Pengguna dapat mengakses TSM LMS dari jenis perangkat apa pun yang mereka pilih, baik desktop, laptop, tablet, atau smartphone. LMS akan secara otomatis menampilkan versi yang paling cocok untuk perangkat yang dipilih pengguna. Selain itu, TSM LMS juga memungkinkan pengguna mengunduh konten sehingga dapat diakses saat offline.
- User-friendly interface. Antarmuka pengguna (user interface) memungkinkan pengguna dengan mudah menavigasi platform TSM LMS.
- Reports and analytics. Alat penilaian eLearning. Dosen dan administrator dapat melihat dan melacak inisiatif kuliah online mereka untuk menentukan apakah mereka efektif atau perlu penyesuaian. Hal ini dapat diterapkan pada kelompok pembelajar dan individu.
- Course and catalog management. TSM LMS menampung semua matakuliah eLearning dan konten terkaitnya. Admin dan dosen harus dapat membuat dan mengelola katalog dan matakuliah untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih terarah.
- Content interoperability and integration. Konten yang dibuat dan disimpan dalam TSM LMS dikemas sesuai dengan standar interoperabilitas, termasuk SCORM.
- Social learning capabilities. Fitur digunakan untuk kuliah dan sertifikasi online . Dosen dan admin dapat menilai keahlian mahasiswa dan mengidentifikasi kesenjangan dalam kinerja mereka. Fitur ini juga akan memungkinkan untuk menggunakan catatan LMS selama audit.
- Automation. TSM LMS memungkinkan Dosen untuk mengotomatisasi tugas yang berulang.
- Localization. TSM LMS menyertakan fitur dukungan multibahasa (English dan Bahasa) sehingga konten pembelajaran dan kuliah memungkinkan dapat disampaikan dalam beberapa bahasa.
- Personalization. TSM LMS memungkinkan setiap pengguna untuk menyesuaikan setting dan konfigurasi tampilan dan pembelajaran disesuaikan secara personal masing-masing.
